ABSTRAK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PESERTA
DIDIK KELAS XD SMA NEGERI 3 PAREPARE
Nama :
Yuslihuddiyari AB
NIM :
208 120 079
Jurusan :
Pendidikan Matematika
Fakultas :
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga :
Universitas Muhammadiyah Parepare
Pembimbing I :
Dra. Hj. Marwati Abd. Malik, M.Pd
Pembimbing II :
Buhaerah S.Pd, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XD
SMA Negeri 3 Parepare melalui pendekatan Realistic
Mathematic Education.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XD
SMA Negeri 3 Parepare yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Prosedur kerja penelitian setiap siklus berlangsung empat
tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan
data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi.
Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui pendekatan
realistic mathematic education pada peserta didik kelas XD
SMA Negeri 3 Parepare. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) meningkatnya rata-rata
hasil belajar matematika peserta didik yaitu 62,74 dengan standar deviasi 21,1018 pada siklus I menjadi 77,12 dengan
standar deviasi 12,6250 pada siklus II; (2) meningkatnya persentase peserta didik yang tuntas
belajar dari siklus I ke siklus II yaitu
52,9% pada siklus I menjadi 88,2% pada siklus II; (3) meningkatnya
aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II, yaitu
rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran
meningkat sebesar 4,39%, dimana pada siklus I diperoleh 36,29% menjadi 40,68%
pada siklus II. Rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang tidak sesuai
dengan pembelajaran menurun sebesar 9,84%, dimana pada siklus I diperoleh
23,53% menjadi 13,69% pada siklus II.
Kata kunci: Hasil belajar
matematika, pendekatan Realistic
Mathematic Education.
Berikut ini Hasil dan Pembahasan Penelitian melalui RME dapat dilihat disini Hasil Penelitian dan Pembahasan dengan Pendekatan RME
Tidak ada komentar:
Posting Komentar