Sabtu, 02 Maret 2013

Panduan Pengembangan Indikator

Bagi para pendidik/guru sebelum betul-betul memulai proses pembelajaran di dalam kelas, juga memiliki serangkaian proses yang harus or wajib dilakukan, serangkaian proses itu kite kasih judul 'menyiapkan perangkat pembelajaran'...mulai dari menghitung hari efektif pada kalender pendidikan n blablabla, menentukan alokasi waktu, prota, prosem, silabus, kkm, nyusun RPP, SK, KD, mengembangkan indikator pembelajaran, sebelum ampe pada menyusun bahan ajar, baru deh masuk ngajar di kelas. Kali ini, kite mw ngebahas sedikit tentang indikator pembelajaran. 
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi (Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

Kalau mau lebih akrab lagi ma si 'indikator' ini silakan baca di sini: 
Panduan Pengembangan Indikator

(da juga kata kerja operasional yang digunakan dalam merumuskan indikator pembelajaran)..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

elong.kelong..