Selasa, 12 Februari 2013

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PESERTA DIDIK KELAS X.D SMA NEGERI 3 PAREPARE

ABSTRAK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PESERTA DIDIK KELAS XD SMA NEGERI 3 PAREPARE

Nama                          : Yuslihuddiyari AB
NIM                            : 208 120 079
Jurusan                        : Pendidikan Matematika
Fakultas                       : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga           : Universitas Muhammadiyah Parepare
Pembimbing I              : Dra. Hj. Marwati Abd. Malik, M.Pd
Pembimbing II             : Buhaerah S.Pd, M.Pd

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XD SMA Negeri 3 Parepare melalui pendekatan Realistic Mathematic Education.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XD SMA Negeri 3 Parepare yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur kerja penelitian setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui pendekatan realistic mathematic education pada peserta didik kelas XD SMA Negeri 3 Parepare. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yaitu 62,74 dengan standar deviasi 21,1018 pada siklus I menjadi 77,12 dengan standar deviasi 12,6250 pada siklus II; (2) meningkatnya persentase peserta didik yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II yaitu 52,9% pada siklus I menjadi 88,2% pada siklus II; (3) meningkatnya aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran meningkat sebesar 4,39%, dimana pada siklus I diperoleh 36,29% menjadi 40,68% pada siklus II. Rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang tidak sesuai dengan pembelajaran menurun sebesar 9,84%, dimana pada siklus I diperoleh 23,53% menjadi 13,69% pada siklus II.


Kata kunci: Hasil belajar matematika, pendekatan Realistic Mathematic Education.

Berikut ini Hasil dan Pembahasan Penelitian melalui RME dapat dilihat disini Hasil Penelitian dan Pembahasan dengan Pendekatan RME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

elong.kelong..